Halaman

Senin, 20 Mei 2013

Jangan Maksa


Assalamualaikum...sebelumnya salam kenal untuk adik Vania yang cantik, met Ultah moga jadi anak sholehah, sehat, berbudi luhur dan cerdas, Amien.

 Anak-anak memang lucu dan suka meniru orang-orang di sekitarnya. Muhammad Ma'ruf usianya baru saja 3 tahun pada 3 Mei ini, jagoan kecilku ini suka sekali meniru dan bertanya segala hal. Kalau sudah bertanya ga ada ujungnya. Terkadang ucapan ibu, bapaknya atau kakaknya di tiru dengan gaya bahasanya sendiri. Karena paling kecil di rumah maka Kami memanggilnya "Dede".

Suatu hari tetangga mengundang untuk hadir acara pengajian di rumahnya. Senang sekali jagoanku, karena di sana akan banyak teman bermain. Kebetulan tetanggaku juga punya anak kecil.  Ketika ustadzah sedang menyampaikan tausiyah, tiba-tiba dari ruangan sebelah terdengar suara jeritan anak-anak. Setelah di hampiri ternyata Dede Ma'ruf sedang merebut mainan mobilan dari tangan temannya dengan paksa. Perlahan di rayu supaya jagoanku mau melepaskan mainan itu, dan akhirnya di lepaskan juga mainan itu. Lalu ku tanya kenapa Dia rebut mainan itu dari temannya. jawabnya "Dede kan pinjem.." Lalu kukatakan  "Dede.....kalau pinjem mainan temen jangan  maksa, itu ga baik". Dede Ma'ruf diam, itu artinya Dia mengerti.


Dede ma'ruf saat usia 1,5 tahun

Kakaknya (Sayyid, 10 tahun) suatu hari memperagakan gerakan Pencak Silat pada Bapaknya. Sebelum pentas di acara International Day yang di adakan sekolahnya.  Dede ma'ruf memperhatikan kakaknya, tak lama kemudian Dede Ma'ruf memperagakan gerakan Pencak Silat kakaknya tadi, Kami yang melihatnya senyum-senyum karena tingkahnya lucu sekali.

Karena sudah malam dan waktunya tidur, maka ku ingatkan Dede Ma'ruf untuk menggosok gigi dan cuci tangan plus kaki. "Dede.....ayo sikat gigi dulu, kita kan mau bobo ya". Rutinitas sebelum tidur ini selalu dibiasakan sedari kecil. Akan tetapi Dede Ma'ruf menolak dan asyik melihat dan meniru kakaknya yang sedang latihan Pencak Silat dengan Bapaknya. Karena tak sabar menunggu maka ku gendong saja Dede Ma'ruf untuk kemudian menuju kamar mandi. Saat akan menyikat gigi jagoanku ini memegang tanganku dan mengatakan "Ibu......kalau sikat gigi jangan maksa, itu ga baik". 



Sayyid dan Dede Ma'ruf


Tertawa aku mendengar kata-katanya, ternyata Dia masih merekam kata-kataku. Mudah-mudahan apa yang diingat dan direkamnya hanya yang baik-baik saja karena ibunya tidak luput dari salah.


4 komentar:

  1. hahaha.. bener dek ndak boleh maksa yak.. hihi..

    tapi kalo ndak sikat gigi nanti kumannya yang maksa masuk ke gigi.. hayooo.. pilih mana.. hahahaa...

    smoga kakak Sayyid dan dede Ma'ruf kelak jd anak2 yang cerdas ya.. salam kenal dari Vania.. ;-)

    makasih yah mama Sayyid dan Ma'ruf atas partisipasinya.. :-) sudah kami catat sebagai peserta ;-)

    BalasHapus
  2. hahaha kalau udah gini pasti yang bingung emaknya

    terima kasih sudah ikutan berceloteh di GA Vania’s May Day

    sudah tercatat sebagai peserta ya

    salam kenal buat Dede Ma'ruf dan Kakak Sayyid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...iya betul sekali, bingung mau jawab apa.
      Salam kenal juga dari Sayyid dan Dede Ma'ruf untuk uncle Lozz.

      Hapus